Proses Bisnis pada Grab
Produk Jasa
Proses
Bisnis pada Grab
Manage Process
a. Set
Direction
Visi
“Menjadi yang terdepan di Asia
Tenggara”.
Misi
1. Menjadi penyedia layanan teraman di
Asia Tenggara.
2. Memberikan layanan yang mudah
diakses oleh banyak orang.
3. Meningkatkan kehidupan para partner,
baik pengemudi maupun penumpang
b. Set
Strategy
1. Grab telah melakukan pelayanan dengan sangat sukses,
dimana dia mengenalkan produk jasa baru berupa layanan tranportasi online di
indonesia yang memudahkan konsumen dalam menghubungi kendaraan saat sedang
dibutuhkan.
2. Pihak Grab juga memanfaatkan perkembangan teknologi
saat ini. Salah satunya strategi dalam promosi jasa dengan sering mengeluarkan
diskon khusus dan harga murah. Ada pun strategi lainya seperti penetapan media
periklanan menggunakan media internet, sosial dan juga melalui tradisional
marketing seperti publikasi dari mulut ke mulut.
3. Grab memberikan banyak manfaat bagi konsumen terlihat dari
berbagai macam fitur pelayanan yang ditawarkan pihak Grab seperti layanan
taksi (GrabTaxi), layanan penyewaan kendaraan pribadi (GrabCar), ojek
(GrabBike), layanan pesan antar makanan (GrabFood), carpooling (GrabHitch), dan
layanan pemesanan kurir (GrabExpress), GrabShare, GrabRental berada dalam satu
aplikasi.
4. Grab juga menggunakan Grabpay dan Grabwork. Grabpay merupakan
sistem pembayaran yang memberikan opsi bagi penggunanya untuk bisa membayar
melalui pembayaran tunai, debit dan menggunakan kartu kredit. Sedangkan
GrabWork merupakan fitur yang memungkinkan pengguna memasukan informasi terkait
penggunaan layanan Grab untuk kepentingan perjalanan bisnis.
c. Direct Busines
Memudahkan
dan memanjakan konsumen dalam memenuhi kebutuhan, hanya melalui aplikasinya,maka
para konsumen dapat menerima kurir yang siap datang untuk memenuhi kebutuhannya
yang telah di minta.
Core Process
a. Develop Product
1. Memperbanyak fitur layanan
seperti layanan taksi (GrabTaxi), layanan penyewaan kendaraan pribadi
(GrabCar), ojek (GrabBike), layanan pesan antar makanan (GrabFood), carpooling
(GrabHitch), dan layanan pemesanan kurir (GrabExpress), GrabShare, GrabRental
2. Pembayarannya dapat dilakukan secara
pembayaran tunai, debit dan menggunakan kartu kredit dan dapat juga menawarkan
pemotongan harga dengan pembayaran menggunakan Grabpay
b. Get Order
Untuk menggait konsumen Grab dapat
melalui media internet, sosial, dan juga melalui tradisional marketing
seperti publikasi dari mulut ke mulut. Dapat juga melalui aplikasi khusus Grab maka
para konsumen dapat menerima kurir yang siap datang untuk memenuhi kebutuhannya
yang telah di minta.
c. Fulfill Order
1. Grab mencari pengemudi dan penyedia
jasa melalui penyeleksian dengan cara memastikan mereka memiliki surat izin
mengemudi.
2. Pengemudi dan konsumen
mendownload app Grab
3. Konsumen memesan jasa Grab melalui
app dengan sesuai fiture nya
4. Agent Grab menerima order
5. Agent menemui konsumen untuk
memenuhi pesanan
6. Konsumen membayar sesuai biaya yg
tertera di app
d. Support Product
GrabTaxi,
GrabCar, GrabBike, GrabFood, GrabHitch, GrabExpress, Grab Rental
Support Process
a. Human Resource Management
HRD
menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga
kerja dan kemampuanya.
b. Information and technology
1. Menggunakan app Grab untuk proses
pemesanan dan komunikasi antara konsumen dengan agent Grab
2. Tarif bisa dideteksi melalui
teknologi app yang dibuat
c. Financial & accounting
1. Departemen ini melaporkan arus uang masuk-keluar
2. Melakukan analisis fiture mana
yang lebih diminati
3. Setiap
pengemudi dan kendaraan akan dicek saat registrasi dan wajib mempertahankan bintang
penilaian di atas standar minimum yang telah ditetapkan.
4. Menggunakan
Asuransi keselamatan
d. Maintenance
Process
Pemeliharaan
kendaraan : Grab memastikan kendaraan yang dipakai untuk mengantar anda
ketujuan selalu dalam keadaan prima. Grab bekerja sama dengan beberapa bengkel
seperti PT Gajah Tunggal dan SiTepat untuk memberikan fasilitas khusus
perawatan kendaraan bagi mitra pengemudi Grab.
DAFTAR PUSTAKA
Online Casino India | No deposit bonus and promotions - KD
BalasHapusThe most trusted online casinos ⚽️ 온카지노 No deposit bonuses, promotions & worrione free spins on Indian งานออนไลน์ slots ➤ Read our complete review for best No Deposit bonus offers in India.