Proses Bisnis pada Grab


Produk Jasa

Proses Bisnis pada Grab
 


Manage Process
a.       Set Direction
Visi
   Menjadi yang terdepan di Asia Tenggara”.

Misi
1.      Menjadi penyedia layanan teraman di Asia Tenggara. 
2.      Memberikan layanan yang mudah diakses oleh banyak orang.
3.      Meningkatkan kehidupan para partner, baik pengemudi maupun penumpang

b.      Set Strategy
1.       Grab telah melakukan pelayanan dengan sangat sukses, dimana dia mengenalkan produk jasa baru berupa layanan tranportasi online di indonesia yang memudahkan konsumen dalam menghubungi kendaraan saat sedang dibutuhkan.
2.       Pihak Grab juga memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya strategi dalam promosi jasa dengan sering mengeluarkan diskon khusus dan harga murah. Ada pun strategi lainya seperti penetapan media periklanan menggunakan media internet, sosial dan juga melalui tradisional marketing seperti publikasi dari mulut ke mulut.
3.      Grab memberikan banyak manfaat bagi konsumen terlihat dari berbagai macam fitur pelayanan yang ditawarkan pihak Grab seperti  layanan taksi (GrabTaxi), layanan penyewaan kendaraan pribadi (GrabCar), ojek (GrabBike), layanan pesan antar makanan (GrabFood), carpooling (GrabHitch), dan layanan pemesanan kurir (GrabExpress), GrabShare, GrabRental berada dalam satu aplikasi.
4.      Grab juga menggunakan Grabpay dan Grabwork. Grabpay merupakan sistem pembayaran yang memberikan opsi bagi penggunanya untuk bisa membayar melalui pembayaran tunai, debit dan menggunakan kartu kredit. Sedangkan GrabWork merupakan fitur yang memungkinkan pengguna memasukan informasi terkait penggunaan layanan Grab untuk kepentingan perjalanan bisnis. 

c.       Direct Busines
Memudahkan dan memanjakan konsumen dalam memenuhi kebutuhan, hanya melalui aplikasinya,maka para konsumen dapat menerima kurir yang siap datang untuk memenuhi kebutuhannya yang telah di minta.

Core Process
a.       Develop Product
1.      Memperbanyak fitur layanan seperti  layanan taksi (GrabTaxi), layanan penyewaan kendaraan pribadi (GrabCar), ojek (GrabBike), layanan pesan antar makanan (GrabFood), carpooling (GrabHitch), dan layanan pemesanan kurir (GrabExpress), GrabShare, GrabRental
2.      Pembayarannya dapat dilakukan secara pembayaran tunai, debit dan menggunakan kartu kredit dan dapat juga menawarkan pemotongan harga dengan pembayaran menggunakan Grabpay

b.      Get Order
Untuk menggait konsumen Grab dapat melalui media internet, sosial, dan juga melalui tradisional marketing seperti publikasi dari mulut ke mulut. Dapat juga melalui aplikasi khusus Grab maka para konsumen dapat menerima kurir yang siap datang untuk memenuhi kebutuhannya yang telah di minta.

c.       Fulfill Order
1.      Grab mencari pengemudi dan penyedia jasa melalui penyeleksian dengan cara memastikan mereka memiliki surat izin mengemudi.
2.       Pengemudi dan konsumen mendownload app Grab
3.      Konsumen memesan jasa Grab melalui app dengan sesuai fiture nya
4.      Agent Grab  menerima order
5.      Agent menemui konsumen untuk memenuhi pesanan
6.      Konsumen membayar sesuai biaya yg tertera di app

d.      Support Product
GrabTaxi, GrabCar, GrabBike, GrabFood, GrabHitch, GrabExpress, Grab Rental

Support Process
a.       Human Resource Management
HRD menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan kemampuanya.

b.      Information and technology
1.      Menggunakan app Grab untuk proses pemesanan dan komunikasi antara konsumen dengan agent Grab
2.      Tarif bisa dideteksi melalui teknologi app yang dibuat

c.       Financial & accounting
1.       Departemen ini melaporkan arus uang masuk-keluar
2.        Melakukan analisis fiture mana yang lebih diminati
3.       Setiap pengemudi dan kendaraan akan dicek saat registrasi dan wajib mempertahankan bintang penilaian di atas standar minimum yang telah ditetapkan.
4.       Menggunakan Asuransi keselamatan

d.      Maintenance Process
Pemeliharaan kendaraan : Grab memastikan kendaraan yang dipakai untuk mengantar anda ketujuan selalu dalam keadaan prima. Grab bekerja sama dengan beberapa bengkel seperti PT Gajah Tunggal dan SiTepat untuk memberikan fasilitas khusus perawatan kendaraan bagi mitra pengemudi Grab.


DAFTAR PUSTAKA 


Komentar

  1. Online Casino India | No deposit bonus and promotions - KD
    The most trusted online casinos ⚽️ 온카지노 No deposit bonuses, promotions & worrione free spins on Indian งานออนไลน์ slots ➤ Read our complete review for best No Deposit bonus offers in India.

    BalasHapus

Posting Komentar